Peningkatan Kemampuan Dosen Bidang Penelitian

Aris Aris(1*), Mahdi Mahdi(2), Mohammad Irfan Rosviana(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati
(2) IAIN Syekh Nurjati
(3) IAIN Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebijakan pembinaan peningkatan kinerja dosen di Fakultas Tarbiyah yaitu : a) memberikan kesempatan belajar untuk dosen kejenjang S2 dan S3; b) seminar/workshop/lokakarya tentang Peningkatan kemampuan akademik, peningkatan kemampuan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peningkatan minat membaca dan menulis, Peningkatan kemampuan etos kerja dan tatakrama kampus; c) Pelatihan/kursus tentang peningkatan mutu kinerja dosen dan d)  pelibatan dosen dalam penetapan standar mutu lembaga dan program peningkatan kinerja. Salah satu faktor penyebab rendahnya minat dosen untuk melakukan penelitian adalah karena kurangnya informasi dan pemahaman tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan teknis penelitian dan c) kegiatan pengabdian kepada masyarakat masih belum maksimal dilakukan, hal ini dapat dilihat dari temuan bahwa beberapa dosen saja yang melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja dosen, yakni :  a. Faktor penunjang ; yaitu meliputi : 1) adanya dukungan dari pihak pimpinan baik lembaga maupun pimpinan Fakultas serta kekompakan dan kebersamaan antara dosen ; 2) adanya kebijakan dan tujuan lembaga untuk mengembangkan kualitas dosen ; 3) besarnya minat dosen untuk mengembangkan dan meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan dosen. b. Faktor penghambat meliputi : 1) terbatasnya anggaran dukungan dana yang dapat diberikan oleh lembaga IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk membiayai seluruh kebutuhan pendidikan lanjutan bagi dosen ; 2) lembaga belum mampu menyediakan dan memberikan bantuan peralatan teknis secara maksimal seperti laboratorium dan lain-lainnya ; 3) berkembangnya perguruan tinggi yang sejenis diberbagai tempat, dan 4) kurangnya koordinasi dengan institusi terkait, sehingga tidak terjadi komunikasi dan kerjasama yang baik.

Kata Kunci: Kinerja Dosen, Bidang Penelitian, FITK


Full Text:

PDF

References


Adhan, M., Jufrizen, J., Prayogi, M. A., & Siswadi, Y. (2019). Peran Mediasi Komitmen Organisasi Pada Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dosen Tetap Universitas Swasta Di Kota Medan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1–15. Https://Doi.Org/10.33059/Jseb.V11i1.1654

Adiawaty, S. (2020). Pandemi Covid-19 Dan Kinerja Dosen (Study Kasus Kinerja Dosen Pada Pt Xyz). Esensi: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 185–191.

Agus Purwanto, & Masduki Asbari. (2020). Model Pengaruhgaya Kepemimpinan Authentic, Authoritarian ,Tansformational, Transactional Berpengaruh Terhadap Kinerja: Studi Pada Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Di Jawa Tengah. Edupsycouns: Journal Of Education, Psychology And Counseling, 2(1), 6724–6748.

Agustin, Zoromi, F., & Erlin. (2018). Model Aplikasi Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan M Etode Profile Matching. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (Sntiki-10), November, 237–244.

Aldo, D., Putra, N., & Munir, Z. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory ( Maut ) Dasril. Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen, 7(2).

Asri, Y. N. (2018). Hubungan Persepsi Mahasiswa Pada Kinerja Dosen Terhadap Tingkat Kelulusan Mahasiswa. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 129–136. Https://Doi.Org/10.33650/Al-Tanzim.V2i2.394

Bayu Putra, R., & Fitri, H. (2021). Literature Review: Model Pengukuran Kinerja Dosen Dan Organizational Citezenship Behavior Berdasarkan Karakteristik Individu, Budaya Kerja Dan Perilaku Individu. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 485–512. Https://Doi.Org/10.31933/Jimt.V2i4.447

Chidir, G., Kumoro, D. F. C., Johan, M., Asbari, M., & Novitasari, D. (2021). Learning Dan Coaching: Analisis Anteseden Manajemen Kinerja Dosen. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 293–315.

Dan, P. S. (N.D.). Survey Kinerja Dosen.

Herawati, J., & Rinofah, R. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Dosen. Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 13(2), 148–155. Https://Doi.Org/10.31316/Akmenika.V16i2.395

Hilma, H., & Dita, A. (2013). Analisis Model Komitmen Organiasional Terhadap Kinerja Dosen Universitas Negeri Medan. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 5(3), 205–213. Https://Doi.Org/10.17605/Osf.Io/U3tyc

Ikrar Putra Setiawan, Hasrullah Liong, A. S. (2020). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Dosen Pada Stia Al-Gazali Barru Kabupaten Barru. Jurnal Mirai Managemnt, 6(1), 2597–4084.

Irnawati, W. (2014). Pengembangan Model Quality Improvement Program (Qip) Untuk Meningkatkan Kinerja Dosen Pada Perguruan Tinggi Swasta Development. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 1, 11–17.

Kusuma, A. H. P. (2017). Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Makassar. 3(008), 88–100.

Lestari, A., Mariahma, S., & Sipayung, N. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Ketua Uppm Terhadap Kinerja Dosen Bidang Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat. 14–24.

Mudjihartono, P., Teknik, M., Universitas, I., Yogyakarta, A., Scorecard, B., & Keputusan, S. P. (2010). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan Metode Balanced Scorecard ( Studi Kasus : Universitas Respati Yogyakarta ). Seminar Nasional Informatika 2010 (Semnasif), 2010(Semnasif), 82–90.

Nento, S. (2018). Analisis Kompetensi Profesional Dan Kinerja Dosen. Jurnal Ilmiah Iqra’, 6(1). Https://Doi.Org/10.30984/Jii.V6i1.619

Novita, M., & Yulianti, P. (2020). Pengaruh Kompetensi Sosial Dan Kompetensi Profesional Terhadap Penilaian Kinerja Dosen Universitas Dharma Andalas Padang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 22(2), 241–254. Https://Doi.Org/10.47233/Jebd.V22i2.137

Nugraha Pratama, A. A. (2014). Pengaruh Spiritualitas, Intelektualitas, Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Dosen Stain Salatiga. Inferensi, 6(2), 415. Https://Doi.Org/10.18326/Infsl3.V8i2.415-436

Permana, I. A. (2020). Analisis Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Balance Scorecard (Studi Kasus Stt Sangkakala). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 89. Https://Doi.Org/10.26623/Jreb.V13i2.2437

Purnamasari, Y., Pudjiantoro, T. H., & Nursantika, D. (2017). Sistem Penilaian Kinerja Dosen Teladan Menggunakan Metode Simple Multy Attribute Rating Technique (Smart). Jurnal Teknologi Elektro, 8(1). Https://Doi.Org/10.22441/Jte.V8i1.1372

Putra Pane, D. S. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja Dosen Politeknik Di Kota Bekasi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(9), 1. Https://Doi.Org/10.36418/Syntax-Literate.V4i9.705

Putranti, K. R., Liana, L., & Belakang, L. (2018). Pengaruh Kepribadian Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Dosen Dimoderasi Budaya Organisasional. Prosiding Sendi-U, 2(2011), 978–979.

Razak, Y., Darwyan, S., & Hsb Aziz Abd. (2016). Kepemimpinan, Kinerja Dosen Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi. Tanzim Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, 1(2), Issn: 2548-3978.

Sufianti, A., Indonesia, U. P., Permana, J., Universitas, D., & Indonesia, P. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Dosen Di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan Upi, 1, 14–25.

Sulastri, T. (2016). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Dan Kewirausahaan “Optimal,†10(2), 167–184.

Suryaman, S., & Hamdan, H. (2016). Pengukuran Kinerja Dosen Unsera Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Cendekia: Journal Of Education And Teaching, 10(2), 179. Https://Doi.Org/10.30957/Cendekia.V10i2.190

Tafonao, T. T., & Widjaja, F. I. (2021). Pembinaan Karir Dosen: Trik Dan Tips Menulis Karya Ilmiah Dalam Meningkatkan Kompetensi Dosen Di Sekolah Tinggi Teologi Nias. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1109–1118.

Tanti, L. (2015). Penilaian Kinerja Dosen Dalam Bidang Pengajaran Dengan Penerapan Metode Promethee. Jurnal Sistem Informasi Dan Tek. Informasi, 4(Oktober 2015), 146–154. Https://Ejurnal.Dipanegara.Ac.Id

Wahyudi, W., & Sunarsi, D. (2021). Manfaat Penerapan Manajemen Pengetahuan Bagi Kinerja Dosen Di Masa Pandemi Covid-19. Jppi (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(2), 285–291. Https://Doi.Org/10.29210/020211155

Zoromi, F. (2018). Aplikasi Penilaian Kinerja Dosen Bidang Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Menggunakan Metode Profile Matching. Jurnal Inovtek Polbeng, 3(2), 197–206.

Zulkifli, Z. (2017). Pengaruh Beban Kerja, Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Dosen Universitas Jabal Ghafur. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 17(1), 105–116. Https://Doi.Org/10.29103/E-Mabis.V17i1.48




DOI: 10.24235/jiem.v8i1.18140

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ahmad ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â