Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan

Elok Firdausiana(1*), Ahmad Ripai(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan para bawahannya yang ada di MTs An-nidhomiyah Japura Kidul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya proses komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh kepala sekolah kepada para bawahannya sehingga menyebabkan terjadinya penurunan semangat dan motivasi kerja para bawahannya yang ada di sekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan langkah-langkah seperti wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan kualitatif deskriptif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kepala sekolah yang kurang tegas dalam memberikan tugas kepada bawahannya menjadikan para bawahannya memiliki semangat kerja yang menurun. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu 1) Peranan kepala sekolah dalam menerapkan komunikasi interpersonal dapat meningkatkan motivasi kerja tenaga kependidikan, baik komunikasi dalam bentuk verbal maupun non verbal, 2) Penghargaan dan hukuman yang dapat membentuk motivasi kerja bawahannya menjadi meningkat, 3) Motivasi dan pengawasan yang diberikan kepala sekolah kepada bawahannya dapat menjadikan produktifitas hasil kerja yang lebih baik.

 Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Kepemimpinan, Motivasi Kerja

This study aims to determine the application of the headmaster’s interpersonal communication with employees at MTs An-nidhomiyah Japura Kidul, Astanajapura District, Cirebon Regency. This research is based on the inadequate interpersonal communication process of headmaster to the employees so this causes a decrease in spirit and works motivation of school employees. The research method used was qualitative, through in-depth interview, observation, and documentation. The technique of data analysis using descriptive qualitative include data reductions, data presentation, and conclusion drawing. The spirit and motivation of employees according to the lack of assertiveness from the headmasters. The results of this study are 1) The role of the headmaster in implementing interpersonal communication can intensify the work motivation of employees, both verbal and non-verbal communication, 2) Rewards and punishments that can intensify employee motivation, 3) Motivation and supervision given by the headmaster to employees can make work productivity.

 

Keywords: Interpersonal Communication, Leadership, Work Motivation


 

 



Full Text:

PDF

References


Hardjana, M. (2003). Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisus.

Hasibuan, M. S. (2010). Motivasi dan Organisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Iriantara, Y. (2013). Komunikasi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ismaya, B. (2015). Pengelolaan Pendidikan . Bandung: Refika Aditama.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhammad, A. (2011). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa , E. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, A. & Fitrotun N. (2019). Penerapan Komunikasi Interpersonal Tenaga Pendidik dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa: Jurnal Al-Fikrah, Vol. 2, No 1, 2019 1-20

Rusdiana. (2015). Pengeloaan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sabda, T & Inom N. (2018). Kontribusi Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru: TADBIR-Jurnal Alumni Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 2, 2018 156-164.

Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: 10.24235/jiem.v8i1.18190

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ripai pascasejati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â