RESPON DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN PENDIDIKAN ISLAM NONFORMAL DI MAJLIS TAKLIM PENDIDIKAN PASCA TPQ QIRAATI YPI “SHIDQUL AMAL†KEDUNGJAYA KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON
(1) IAIN Syekh nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Lembaga-lembaga pendidikan Islam yang ada di YPI “Shidqul Amal†Desa Kedungjaya Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, dapat dikategorikan sebagai bentuk atau jenis pendidikan nonformal yang dalam penyelenggaraan pendidikannya harus dikelola berdasarkan peraturan dan perundang undangan yang berlaku, di antara peraturan itu adalah PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Kegiatan ngaji sore yang dilaksanakan Majelis Taklim Pendi-dikan Pasca TPQ Qiraati merupakan salah satu bentuk kegiatan keagamaan yang ada di YPI “Shidqul Amal†Kedung jaya, dalam pengelolaannya sebagian besar telah sesuai dengan PP No. 19 tahun 2005. Namun berdasarkan pengamatan, masih ada beberapa komponen yang perlu dioptimalkan, di antaranya yaitu pengelolaan yang belum sepenuhnya menggunakan system manajemen pendidikan, kualifikasi tenaga kependidikan dan tenaga pendidik, kurikulum yang digunakan, begitu juga dengan proses pembelajaran.hal tersebut dilakukan para manager adalah karena tujuan lembaga pendidikan tidak akan segera terwujud sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan dirumuskan, melainkan harus melakukan pengkajian terhadap kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman sumber-sumber pendidikan terlebih dahulu.
Kata Kunci: Pengelolaan Pendidikan Islam, Respon dan Partisipasi
Full Text:
PDFReferences
G. Daftar Pustaka
Abu Huraerah, 2008, Pengorganisasian dan Pengembangan Masya-rakat Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan, Bandung: Humaniora
Ahmad Subandi, 1982, Psikologi Sosial, Jakarta: Bulan Bintang, 1982
Agus Sujanto, 2004, Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
Bimo Walsito, 1999, Psikologi Umum, Yogyakarta: UGM
Jalaludin Rahmat, 1999, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosda karya.
Lexy J. Moleong, 2006 Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya,
Matthew B. Miles, A. Michel Huberman, 2009, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru, Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi (Jakarta: UI Press,
Moh. Nazir, 1988, Metode Penelitian, Cet. 3, Ghalia Indonesia,
Noeng Muhadjir, 1998, Metodologi Penelitian Kua-litatif, Yogya-karta: Bayu Indra Grafika,
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Poerwadarminta, 1999, Psikologi Komunikasi, Jakarta: Universitas Terbuka (UT)
Purwanto, Ngalim. 1991. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda karya
Robert K. Yin, 2002, Studi Kasus Desai dan Metode, Ter. M. Djauji Mudzakir, Jakarta: Raja Grafindo Persada,.
Sagala, Syaiful. 2009. Administrasi Pendidikan, Bandung : ALFA-BETA
Soenarjo dan Djoenarsih S. Soenajo, 1983, Himpunan Istilah Komunikasi, Yogyakarta: Liberty.
Terry, R, George, 2014, Guide to Management (Prinsip-prinsip Manajemen) Terj, J. Smith D.F.M, , Bumi Aksara, Jakarta:
Trianto, 2011, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini, TK/RA dan Anak Usia kelas awal SD/MI, Kencana Predina Prenada Media Group, Jakarta,
Usman, Husaini, 2006, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Bumi Aksara. Jakarta:.
Undang Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Naional, Jakarta
Undang Undang RI nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
DOI: 10.24235/jiem.v2i1.2877
Article Metrics
Abstract view : 152 timesPDF - 73 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Taqiyuddin .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:
Â