Mencapai Keunggulan Bersaing Perguruan Tinggi Islam dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Berbasis Balance Score Card (Telaah Reflektif di IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Faktor sumber daya manusia adalah sangat penting dalam perguruan tinggi karena sumber daya manusia meÂnunjang kegiatan perguruan tinggi, melalui karya, bakat, kreativitas, dorongan dan peran nyata. Tanpa adanya unsur manusia dalam perguruan tinggi, tidak mungkin perguruan tinggi tersebut dapat bergerak dan menuju yang diinginkan. Keberhasilan dalam mencapai tujuan perguruan tinggi sangat ditentuÂkan oleh kinerja Sumberdaya manusianya. Pengukuran kinerja MSDM penting dilakukan dalam Perguruan Tinggi, hal ini bisa dilakukan salah satunya dengan menggunakan Balanced Scare Card (BSC) yaitu merupakan pendekatan yang sistematik untuk menilai kinerja organisasi (Perguruan Tinggi) menjadi kerangka kerja
Â
Kata kunci: Perguruan Tinggi, Manajemen sumber daya manusia, Balanced Scare Card
Full Text:
DownloadReferences
Alex S. Nitisemito, (1996). Manajemen Personalia Jakarta: Ghalia Indonesia.
Andrew E. Sikula. (1981). Personnel Administration and Human Resources Management. Jhon Wiley & Sons. Inc.
Anwar Prabu Mangkunegara, A.A., Dr. Drs., M.Si., Psi. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Dave Ulrich. (1997). Human Resources Champion.
Edwin B. Flippo. (1980). Personel Management, Fifth Edition. Mc Graw Hill. Inc.
Eko Indrajit, R., dan R. Djokopranoto. (2006). Manajemen Perguruan tinggi Modern. ANDI Yogyakarta.
Mas Achmad Daniri. (2005). Good Corporate Governance. Konsep dan Penerapannya dalam Konteks Indonesia. Jakarta: Ray Indonesia.
Sedermayati, Dr. M.Pd. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas. Bandung: CV. Mandar Maju.
Veithzal Rivai, (2005), Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Peru-sahaan, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Peta Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon,Kepegawaian IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Apri 2020
DOI: 10.24235/jiem.v4i1.6825
Article Metrics
Abstract view : 39 timesDownload - 18 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Suhatma Suhatma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:
Â