Pengelolaan Pendidikan Pesantren dalam Menghadapai Tantangan dan Hambatan di Masa Modern
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pesantern sebagai pendidikan nonformal adalah sebuah lembaga pendidikan dan penyiaran agama Islam. Pondok pesantren juga sebagai basis pendidikan yang tertua di Indonesia karena sejalan dengan perjalanan penyebaran Islam di kabupaten Majalengka, hal ini dibuktikan dengan telah berdirinya pondok-pondok pesantren di kabupaten Majalengka seperti Pondok Pesantren Raudlatul Mubtadi`in Cisambeng Palasah Majalengka. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah di atas yakni untuk mengetahui pembaharuan pendidikan pesantren dalam menghadapi tantangan dan hambatan di era modern. Pendidikan pesantren menyangkut jenis kelembagaannya, sistem pondokannya, sistem pembelajarannya, evaluasinya dan tidak kalah pentingnya adalah sistem pengelolaan atau manajemennya yang harus lebih menekankan pada pemberdayaan semua potensi yang ada dalam lingkungan pesantren dan lingkungannya. Semua hal itu dilakukan tidak lain adalah upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat.
Full Text:
PDFDOI: 10.24235/jiem.v5i1.8114
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 wahyono wahyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:
Â