Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Administrasi di MTS NU Putra 2 Buntet Pesantren

Firman - Maulana(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

The principal has a role in improving the performance of all human resources in the educational institutions he led, and administrative staff who are part of the human resources in the educational institutions he must make an increase in their performance. This research was conducted to expounding the importance of the Principal’s role in Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Putra 2 Pesantren Buntet Cirebon, was conducted to expounding the performance of administrative staff, and was conducted to expounding the efforts on the role principal improving the performance of the human resources (HR) administrative staff in Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Putra 2 Pesantren Buntet Cirebon. The research was based empirical research and the research approach used qualitative research. To the results used describing the conditions seen in the field as they are. Data collection techniques were through in-depth observation, interviews and documentation. Based on the result of this research, it was known that: 1) The principal has carried out his role in improving the performance of administrative staff, 2) the performance of administrative staff at MTs NU Putra 2 Buntet Pesantren has carried out performance in accordance with the standard of school/Madrasah administration, dan 3) the role of the principal in improving the performance of human resources (HR) has been carried out by the principal through performance planning, performance actions/implementation, performance monitoring/supervision and performance review.

 

Keywords: Role, Principal, Performance, Administration

                                                                 

Abstrak

Kepala madrasah memiliki peran dalam meningkatkan kinerja seluruh sumber daya manusia yang ada di lembaga pendidikan yang di pimpinnya, tidak terkecuali tenaga administrasi yang merupakan bagian dari sumber daya manusia di sekolah yang harus melakukan peningkatan dalam kinerjanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang peran kepala madrasah terhadap kinerja tenaga administrasi, untuk mengetahui tentang kinerja tenaga administrasi, dan untuk mengetahui upaya peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja sumber daya manusia (SDM) tenaga administrasi di MTs NU Putra 2 Buntet Pesantren. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian empiris dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan hasil dengan menggambarkan kondisi yang dilihat di lapangan secara apa adanya. Dan untuk mendapatkan hasil yang sesuai peneliti inginkan, Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: observasi mendalam, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang diperoleh, bahwa 1) kepala madrasah sudah melaksanakan perannya dalam meningkatkan kinerja tenaga administrasi, 2) kinerja tenaga adimistrasi di MTs NU Putra 2 Buntet Pesantren sudah melaksanakan kinerja sesuai dengan standar tenaga administrasi Sekolah/Madrasah, dan 3) upaya peran kepala madrasah dalam meningkatan kinerja sumber daya manusia (SDM) sudah dilaksanakan kepala madrasah melalui perencanaan kinerja, tindakan/pelaksanaan kinerja, memonitor/pengawasan kinerja dan review kinerja. Dengan demikian, menunjukan bahwa kepala sekolah berperan dalam meningkatkan kinerja tenaga administrasi di sekolah.

Kata Kunci: Peran, Kepala Madrasah, Kinerja, Administrasi

 


References


DAFTAR PUSTAKA

Daryanto, H.M. (2011). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fuad, Ikhsan. (2003). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetens: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pidarta, Made. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia. edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprayogo, Imam, (2004). Pendidikan Berparadigma Al Qur’an. Malang: Aditya Media bekerjasama dengan UIN Malang Press

Wahjosumidjo. (1999). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Edisi kelima. Depok: PT Rajagrafindo Persada.




DOI: 10.24235/jiem.v5i1.8893

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Firman - Maulana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â