Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Berbantuan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Terhadap Kemampuan Berpikir Statistik Siswa

Idah Fitriyani(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan berpikir statistik sangat penting dimiliki oleh siswa, tetapi pada kenyataannya kemampuan berpikir statistik siswa masih cukup rendah dan ada satu metode yang berpotensi meningkatkan kemampuan berpikir statistik siswa, yaitu metode pembelajaran problem solving berbantuan LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk menguji cobakan metode pembelajaran problem solving berbantuan LKPD apakah efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir statistik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode pembelajaran problem solving berbantuan LKPD kepada 29 siswa. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, rata-rata kemampuan berpikir statistik siswa sebelum pembelajaran matematika dengan mengguanakan metode pembelajaran problem solving berbantuan LKPD  tergolong masih rendah dan setelah pembelajaran tergolong tinggi. Hasil analisis statistik inferensial, yaitu dengan uji t berpasangan terdapat peningkatan kemampuan berpikir statistik siswa yang signifikan antara sebelum dan setelah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving berbantuan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) pada taraf signifikansi 5% dan berdasarkan Indeks Gain peningkatan keampuan berpikir statistik siswa termasuk dalam kriteria sedang. Respon peserta didik terhadap penerapan metode pembelajaran problem solving berbantuan LKPD sangat baik dengan prosentase hasil angket sebesar 79,52%.

Keywords


Kemampuan berpikir statistik; problem solving; LKPD

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. A., & Suhartini, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Statistika Berbasis Pendidikan Politik Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Gantang, 2(1), 1-9.

Fitri, O. (2013). Analisis Hubungan antara Kemampuan Berpikir Logis dengan Kemampuan Berpikir Statistik Siswa (Studi Survei Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Anjatan Kabupaten Indramayu) (Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Latif, M. (2016). Orientasi ke Arah Pemahaman Filsafat Ilmu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Paulk, M. C., & Hyder, E. B. (2007). Common Pitfalls in Statistical Thinking. Research Showcase @CMU, 12.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Supriadie, D., & Darmawan, D. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tsoraya, R., & Akbar, R. O. (2013). Pengaruh Kemampuan Berpikir Statistik Terhadap Kreativitas Berpikir Siswa Dalam Matematika (Studi Kasus Di Kelas XI IPA Man 2 Kota Cirebon). Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 2(2).

Yusuf, M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.