Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Disposisi Matematika Siswa

Gita Nurul Badwi(1*),


(1) Jurusan Pendidikan Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran snowball throwing terhadap disposisi matematika siswa. Desain penelitian ini adalah oneshot case study. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Palimanan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Dari populasi dipilih satu kelas sebagai sampel dengan teknik Cluster Random Sampling, yaitu terpilih siswa kelas VII B sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket snowball throwing dan angket disposisi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran snowball throwing berpengaruh terhadap disposisi matematika siswa. Model pembelajaran snowball throwing memberikan pengaruh sebesar 27,6% terhadap disposisi matematika siswa dan sisanya sebesar 72,4% dipengaruhi oleh faktor lain tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Keywords


Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Disposisi Matematika

Full Text:

PDF

References


Anku, S. E. (1996). Fostering students' disposition towards mathematics: A case from a Canadian university. Education, 116(4), 536-543.

Aplikasi IBM SPSS 23.0 License Authorization Wizard.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Herlina, E. (2013). Meningkatkan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pendekatan APOS. Infinity Journal, 2(2), 169-182.

Hidayat, R., & Indriyani, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Assure dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(2).

Izzati, N. (2017). Pengaruh Kemampuan Koneksi Dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Geometri Bidang Datar Mahasiswa Iain Syekh Nurjati Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(2).

Kesumawati, N. (2010). Peningkatan kemampuan pemahaman, pemecahan masalah, dan disposisi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Khasanah, U., & Sutama. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1-14.

Mahmudi, A. (2010, April). Tinjauan asosiasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis. In Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika FMIPA UNY (Vol. 17).

Network, F. I. (2018). Pendidikan Faktor Utama Tingkatkan Kualitas SDM. Jakarta: Fajar Indonesia Network.

Nursuprianah, I., & Sholikhah, M. (2009). Analisis kesulitan mahasiswa dalam memahami mata kuliah aljabar matriks (Studi kasus pada semester IV tadris matematika tahun akademik 2008/2009 di STAIN Cirebon). Jurnal EduMa, 1(1), 75-84.

Permana, Y. (2010). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model-Electing Activities. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 151-162.

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska press.

Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Berkarakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syaban, M. (2009). Menumbuhkembangkan daya dan disposisi matematis siswa sekolah menengah atas melalui pembelajaran investigasi. Jurnal Educationist, 3(2), 129-136.


Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.