Kontribusi Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling

Elyn Alinna Makhofa(1*),


(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menghasilkan gambaran kontribusi kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Daarut Tauhiid Boarding School Bandung. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif dan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Teknik sampling menggunakan sampel jenuh. Alat pengungkap data menggunakan angket berbentuk skala sikap dan statistik nonparametrik digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian yaitu: (1) gambaran kepercayaan diri siswa; (2) gambaran prestasi belajar siswa; dan (3) kontribusi kepercayaan diri terhsadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kepercayaan diri siswa mempunyai kontribusi yang positif dan sigifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa prestasi belajar siswa dapat ditentukan oleh tinggi rendahnya kepercayaan diri siswa.


Keywords


Kepercayaan Diri; Prestasi Belajar; Bimbingan dan Konseling.

Full Text:

PDF

References


Marie Norman & Terry Hyland. (2003). The Role of Confidence in Lifelong Learning. (diunduh dari http://philpapers.org/rec/NORTRO-3).

Abu Ahmadi & Supriyono Widodo. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka.

Ali, Lukman. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi. Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Asmani.

Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bimo walgito. (1993). Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah.Yogjakarta: Andi offset.

Conny R. Semiawan. 1998. Perkembangan & Belajar Peserta Didik. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Elizabet B. Hurlock. (1980). Psikolgi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Erlangga, Jakarta. Lauster, Peter. (2002). Tes Kepribadian (Alih Bahasa: D.H Gulo). Edisi Bahasa Indonesia. Cetakan Ketigabelas.

Fatimah Enung. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung : Pustaka Setia

Fattah, Nanang. (2004). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Gagne, R. (1985). The Conditions of Learning (4th.). New York: Holt, Rinehart & Winston.

Hakim, Thursan. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa. Swara.

Locke Edwin A. (2005). Journal of Organizational Behavior, Volume 26, Issue 4, pages 425–431, June 2005 Diakses dari http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/job.318/abstract,

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja.

Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Santrock, John W. (2003).Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Sardiman. (2001), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Penerbit PT Raja. Grafindo Persada.

Suryabrata, Sumardi. (1984). Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran : Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Rosda

Tu'u, Tulus. (2004) Peran Disiplin pada perilaku dan prestasi Siswa, Jakarta : Grasindo.

Winkel. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia

Slameto.(2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soebahar, Abd. Halim. (2002). Wawasan Baru Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Saodih. (2005). Landasan Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Syaiful Bahri Djamarah. (1994). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Highlights of Modern Biochemistry: Proceedings of the 14th ..., Volume 1 (diunduh dari https://books.google.co.id/books?id=r6pkvJLTFT0C&pg=PA94&lpg=PA94&dq=lauster+1987&source=bl&ots=jmJ_WEQhTK&sig=dbUa0f4QWlo4bkxoyar4Rmpgjjw&hl=id&sa=X&ved=0CCIQ6AEwAWoVChMIzuXs0o-4xwIVglCOCh2PvwZy#v=onepage&q=lauster%201987&f=false

Herpratiwi. (2006) Faktor-Faktor Penentu Tinggi Rendahnya Prestasi

Belajar Siswa (Dilihat Dari Nilai Tes Masuk) Siswa Kelas I Smkn 3

.Bandar Lampung

Mustofa Rifki, (2008). SKRIPSI. Judul: Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap. Prestasi Belajar Siswa Di SMA Islam Almaarif Singosari Malang. Skripsi [Tidak Diterbitkan].

Surya Muhammad. (1979). Pengantar Psikologi, Pengaruh Faktor Non Intelektual terhadap Gejala Berprestasi Kurang (Studi Terhadap Siswa SPG. IKIP Bandung.




DOI: 10.24235/prophetic.v4i2.12095

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com