ANALISIS PENGELOLAAN SARANA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(4) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan sarana pembelajaran di SMP Dharma Siswa Tangerang khususnya tentang pengelolaan ruang kelas. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi di SMP Dharma Siswa Tangerang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber digunakan untuk meningkatkan validitas penelitian dengan menganalisis data penelitian berbagai sudut pandang yaitu kepala sekolah, wakasek sarana dan prasarana, guru, dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, perencanaan dalam pengelolaan ruang kelas dilakukan dengan menyusun daftar rencana pengadaan sarana yang dibutuhkan melalui RKAS. Sarana pembelajaran ruang kelas sudah memadai, namun kesadaran dalam pemeliharaan masih kurang diperhatikan dan jumlah ruang kelas tidak sesuai dengan jumlah siswa. Oleh sebab itu sekolah membagi kegiatan pembelajaran dilakukan pada pagi dan siang hari. Rencana penambahan pembangunan ruang kelas sebagai tempat kegiatan belajar-mengajar direspon baik oleh guru maupun siswa dikarenakan para siswa merasa antusias terhadap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan pada pagi hari. Guru dan siswa mengambil peranan yang sama dalam menjaga fasilitas sehingga dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: pengelolaan, sarana pembelajaran, ruang kelas
Â
Abstract
This study aimied to analyze the management of learning facilities at SMP Dharma Siswa Tangerang especially regarding classroom management. The research method used was qualitative with a descriptive approach. The data was collected through observation, interviews, and documentation studies at SMP Dharma Siswa Tangerang. The data were analyzed using data analysis techniques consisting of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The validity of the study was improved using triangulation by analyzing the data from various perspectives, namely school principals, vice principals of facilities and infrastructure, teachers, and students. The result shows that planning in classroom management is carried out by compiling a list of plans for procuring the required facilities through the RKAS. Classroom learning facilities are adequate, but awareness in maintenance is still lacking and the number of classrooms does not fit to the number of students. Therefore the school divides learning activities to be carried out in the morning and afternoon. The plan to increase the construction of classrooms as a place for teaching and learning activities was responded well by both teachers and students because the students felt enthusiastic about the learning activities carried out in the morning. Teachers and students take the same role in maintaining the facilities so as to optimize learning activities.
Keywords: management, learning facilities, classrooms
Â
Â
Full Text:
PDFReferences
Ali, I., Nayan, F. K., Sarker, M. A. R., Rahman Kadery, M. T., & Firmansah, Y. (2021). Management Skill Development of Academic Institutional Heads in Bangladesh: A Conceptual Study on Henri Fayol’s Management Principles. International Journal of Human Resource Studies, 11(3). https://doi.org/10.5296/ijhrs.v11i3.18428
Ambarwati, L., & Trisnawati, N. (2021). Keefektifan Pembelajaran Jarak Jauh bagi Siswa pada Mata Pelajaran Korespondensi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 158–170. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.39564
Anugrahwati, C., Mahmud, D. R., & Wuwur, E. S. P. O. (2022). Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(9), 905–915. https://doi.org/10.17977/um065v2i92022p905-915
Asifa, A. S., & Sisno. (2020). Menumbuhkan Semangat Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Siswa. Jurnal Cermin, 1(1), 31–40.
Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA, 10(2), 351–370. https://doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842
Febrianti, V., Agustini, F., & Untari, M. F. A. (2022). Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SDN 03 Tunggak. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(3), 849–855. http://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/dikdas
Hamidah, N., & Barus, M, I. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 093 Mandailing Natal. Jurnal Literasiologi, 7(3), 56–68. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i3.316
Herawati, N., Tobari, & Missriani. (2020). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 20 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1684–1690. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/633
Ismah, & Budiyati, U. (2022). Pengaturan Ruang Kelas. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(10), 2591–2598.
Manurung, R., Harapan, E., Tahrun, & Suharyadi, A. (2020). Manajemen Sarana Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 168–177. http://dx.doi.org/10.21831/jump.v2i2.33747
Marie, H., & Aini, N. (2021). Analisis Manajemen Sarana Prasarana Efektif Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Tunas Siliwangi, 7(1), 14–23.
Padlan, Nurmahmudah, F., & Nasaruddin, D. M. (2022). Manajemen Pemanfaatan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SD Muhammadiyah Tanjung Redeb. Jurnal Pendidikan Tambusa, 6(2), 16319–16328.
Ramdhiani, R. (2021). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), 95–101. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.389
Rumini. (2022). Pengembangan Sekolah Adiwiyata dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa SD Negeri Cowek I Kecamatan Purwodadi. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 2(1), 110–116. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v2i1.1057
Saway, M. H. M., & Hidayat, A. (2019). Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 130–141. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645
Subroto, Y. H. (2019). Evaluasi penyelenggaraan lima hari sekolah. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 7(1), 13–23. https://doi.org/10.30738/wd.v7i1.3762
Sumar, W. T. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa. JAMBURA Journal of Educational Management, 1(1), 49–59.
Winandar, M. L., Agustin, S., Listiana, Y. R., & Windayana, H. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasana Pendidikan Sekolah Dasar di Desa dan di Kota. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1200–1210. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1684
Zakiyyah, A. N., Patimah, S., & Ningsih, S. R. (2023). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di SMA Negeri 1 Pangandaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 469–475.
DOI: 10.24235/ath.v33i1.13538
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.