Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match di SDN 15 Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat

Masrita Masrita(1*),


(1) Sekolah Dasar Negeri 15, Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang dikuasai oleh siswa kelas IV SDN 15 Batipuh. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada tahun pelajaran 2015/2016, hanya 44% siswa yang memenuhi nilai ketuntasan minimal. Kurangnya penguasaan siswa terhadap pelajaran PKn, disebabkan oleh materi pelajaran yang sangat padat, metode belajar yang kurang menarik dan kurangnya minat baca siswa. Berbagai permasalahan tersebut menurut penulis dapat diatasi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif make a match. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas IV pada pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah pembelajaran kooperatif make a match juga dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 15 Batipuh. Sebanyak 25 siswa kelas IV SDN 15 Batipuh terlibat sebagai sampel dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen, one group pretest-posttest design. Penelitian ini membandingkan hasil belajar PKn siswa antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi berupa proses pembelajaran menggunakan metode make a match. Hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan uji statistik non parametrik wilcoxon signed rank test, menunjukkan metode belajar make a match efektif dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa (mean pretest = 59,60; mean posttest = 79, 20; p = 0,00 < 0,05). Hasil evaluasi terhadap metode make a match yang diterapkan juga menunjukkan bahwa seluruh siswa merasa terbantu dengan metode yang diterapkan. Oleh karena itu, metode make a match dapat diterapkan pada mata pelajaran lain yang memiliki karakteristik yang serupa dengan pelajaran PKn.

Kata kunci: hasil belajar PKn, metode make a match


Abstract

PKn is one of the less understood subjects by grade 4 students of SDN 15 Batipuh, seen from the student's learning result in 2015/2016, only 44% of students fulfill the minimum grade of graduation. Lack of student mastery of the Civics lesson, apperently caused by the number of lesson material that must be submitted, less interesting learning methods and students lack of interest in reading. Those various problems can be overcome by applying cooperative learning models, such as make a match methods. Previous research has shown that make a match method can improve students' learning outcomes in IPS lessons. The aims of this study is to prove whether cooperative learning with make a match method also can improve the PKn learning outcomes of fourth grade students of SDN 15 Batipuh. 25 grade IV students of SDN 15 Batipuh were involved as samples in this study. The research was conducted by using quantitative methode, quasi experimental, one group pretest-posttest design. This study compared the students' learning outcomes between before and after the intervention of learning process using make a match method. The results of the study were analyzed by using nonparametric statistical test of wilcoxon signed rank test, showing the method of learning make a match effective in improving students' learning outcomes (mean pretest = 59,60; mean posttest = 79, 20; p = 0,00 <0, 05). The results of the evaluation of the applied make-match method also showed that all students felt helped by the method applied. Therefore, the make a match model can be applied to other subjects that have similar characteristics to the PKn lesson.

Keywords: PKn learning outcome, make a match method


Full Text:

PDF

References


Hermanto, B. (2011). Efektivitas Metode Cooperative Learning Tipe Make A Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Mate Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Globalisasi di SD Negeri Kaligangsa Kulon 01 Brebes. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Isjoni. (2007). Pembelajaran Visioner (Perpaduan Indonesia-Malaysia). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006.

Kumar, R. (2011). Research Methodology: a Step by Step Guide for Beginners. London: SAGE.

Kurnianingsih, E. (2014). Perbedaan Efektivitas Metode Make A Match dan Metode Guided Note Taking dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII SMP 2 Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nico For Math. 2008. Keaktifan Siswa. Diakses dari: (http://ipotes.wordpress.com/2008/05/24/prestasi-belajar/).

Priyanto, A. (2015). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tenkin Mencari Pasangan pada Pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri Keniten Tahun Pelajaran 2013/2014. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Rofiqoh, F. (2010). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Mode Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Rusman. (2014). Model - Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. N. (2006). Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT INDEKS




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1526

Article Metrics

Abstract view : 508 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com