PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MI PUI CIKASO KECAMATAN KRAMATMULYA KABUPATEN KUNINGAN
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan di MI PUI Cikaso Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan, diketahui bahwa dijumpai berbagai masalah salah satunya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah di karenakan proses pembelajarannya yang masih berpusat pada guru dan siswa hanya mendengarkan materi yang diberikannya. Hal ini disebabkan pembelajaran IPS belum menggunakan metode yang sesuai dengan proses pembelajaran. Sehingga dalam penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti untuk menggunakan metode problem solving pada proses pembelajaran IPS.Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui penerapan metode problem solving dalam pembelajaran IPS. 2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. 3) Untuk  mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI PUI Cikaso Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 31 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh, yaitu seluruh poopulasi dijadikan sebagai sampel. Untuk mengetahui motivasi belajat IPS pada pokok bahasan masalah sosial yang ada di sekitar kita, sedangkan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving yaitu dengan menyebarkan angket kepada semua siswa kelas IV.
Berdasarkan hasil penelitian dari uji korelasi diketahui bahwa datanya menunjukan bahwa keadaan interpretasi dari hubungan Antara variabel X dan variaber Y mencapai 0,707 berarti memasuki kategori kuat karena terletak diantara rentan nilai 0,600 – 0,800. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tarap korelasi Antara variabel x terhadap variabel y kuat, artinya penerapan metode problem solving berpengaruh terhadap motivasi beajar siswa. Dari perhitungan analisis uji signifikansi korelasi Product Moment didapat nilai t hitung sebesar 7,612. Untuk mengetahui t tabel perlu diketahui dk = 31 – 2 = 29, maka diperoleh t tabel = 5% sebesar 2,045 dan untuk t = 1 % sebesar 2,462 Maka, berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh nilai t hitung > t tabel (7,612>2,045) Jadi, pada taraf signifikansi 5% hipotesis altenatif (Ha) diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak, berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendekatan problem solving terhadap motivasi belajar siswa.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode problem solving memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV MI PUI cikaso Kecamatan Kramatmulya Kabupaten KuninganFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ali, Muhammad. 2008. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
--------------------------. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakteik. Jakarta: PT Rineka Putra
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kedua. Jakarta: Depdikbud
Hake, Richard R. 1998. Journal: Analizing Change/Gain Scores USA: Departement of physics, Indiana University Woodhind Hills, Tersedia di : www. physics Indiana adu/sdi/AnalizingChange Gain.pdf Diakses 10 Juni2014.
Hakim, Thursan. 2001. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara
Hamalik, Oemar. 2012. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
--------------------. 2003. Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia.
Hasan, Iqbal. 2010. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara
Ismail. 2003. Media Pembelajaran (Model-Model Pembelajaran). Jakarta: Direktorat Pendidikan Nasional.
Meltzer, David E. 2002. Journal: The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: a possible .hidden variable. in diagnostic pretest scores. Department of Physics and Astronomy, Iowa State University, Ames, Iowa 50011. Tersedia di: www. Physics, indiana.edu/sdi/AnalizingChange.gain.pdf Diakses 10 Juni 2014.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press
Priyatno, Dwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. Yogyakarta : ANDI.
Purwanto, Ngalim. 1999. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mngembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Syaiful Bahri Djamara. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinka Cipta
Soemanto, Wasty. 2003. Psikologi Pembelajarandan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Subana, dkk. 2005. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Sudjana, Nana. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : ALFABETA.
------------. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sujana. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production
Surya, Muhammad. 2004. Psikologi Pembeljaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Uno, Hamjah. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara
DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v1i2.348
Article Metrics
Abstract view : 874 timesPDF - 2098 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
AL IBTIDA Journal Indexed By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com